Beberapa orang mengeluhkan mengenai mengatasi iPhone yang lemot akibat sudah lama digunakan. Hal ini biasanya menimbulkan isu bahwa harus ganti iPhone keluaran terbaru atau akibat muncul iPhone seri baru sehingga yang seri lama dibikin lemot. Padahal sebenarnya isu tersebut tidak sepenuhnya benar. Mungkin ada beberapa efek yang terjadi ketika memang ada iphone terbaru dan bukan akibat munculnya perangkat baru tersebut melainkan adanya pembaharuan sistem. Dengan pembaharuan sistem tersebut sehingga jika iPhone kita mengalami perubahan sistem juga maka akan mempengaruhi kinerja iPhone karena spesifikasi yang kadang kurang sesuai.

Mengatasi iPhone lemot apalagi jika seri lama misalnya iPhone 5 atau iPhone 6 kadang orang yang menggunakan perangkat ini merasa makin hari makin lemot saja. Padahal kita bisa kok mengakalinya atau memperbaikinya meski tidak semaksimal dulu.

 Mengatasi iPhone yang Sudah Mulai Lemot

mengatasi iPhone Lemot

Penyebab dan cara Mengatasi iPhone 5, 6, 6s, dan iPhone 7 yang lemot

Ada beberapa yang harus bisa kita lakukan, diantaranya :

1. Restart
Ini merupakan salah satu jalan keluar yang mungkin paling cepat dan simpel yang bisa langsung ktia lakukan. Setelah restart, berbagai sampah atau cache yang menumpuk akan langsung dibersihkan agar cache yang tidak diperlukan tidak mengganggu kinerja iPhone

2. Matikan Efek Visual
Mungkin banyak yang bilang efek visual di menu menghasilkan iPhone kelihatan elegan, namun keadaan sejenis itu malah membuat kinerja berpengaruh karena ada system yang terus berjalan. Kita bisa mengurangi kinerja system yang berjalan dengan salah satunya mematikan efek visual tersebut. Caranya buka dari menu "Settings General Accessibility Increase Contrast" kemudian ubah menu "Reduce Transparency" menjadi On. Anda pun bisa mematikan feature motion melalui jalur Settings General Accessibility kemudian aktifkan dari menu pilihan Reduce Motion ke tombol On.

3. Kurangi Aplikasi Lama
Beberapa aplikasi yang sudah lama anda gunakan di iPhone khususnya yang hasil unduhandi appstore jika tidak ada update dan jarang digunakan, ada baiknya dihapus saja karena biasanya jika sudah tidak update, script yang bekerja pun sudah tidak compatible dengan yang sekarang.

4. Matikan Siri
Siri adalah fitur pemdamping pribadi pada iOS. Siri bisa memberikan imbaun saat melakukan pencarian berisi iOS 9, namun hal sejenis itu juga bisa membuat smartphone jadi lemot.

Caranya:
Buka menu Settings kemudian pilih General Spotlight Suggestions Siri Suggestions.
Feature berlainan juga bisa membebani system yaitu " Hey Siri. " Seandainya anda perlu mematikan siri, pertama melantas menuju ke Settings -  General – lalu pilih Siri.

5. Matikan Fitur Download Otomatis
Cek menu Automatic Downloads melalui Setting App and iTunes Stores. Ketika iPhone Anda cuma satu perangkat yang terhubung dengan Apple ID, lalu biarlah pilihan ini menyala ataupun ketika status (ON). Selanjutnya matikan menu di Use Cellular Data melalui Menu Settings App and iTunes Store dan pilih yang Wi-fi saja sehingga akan update otomatis ketika menyambung Wi-fi

6. Kurangi Aplikasi Modifan
Jika anda banyak menggunakan aplikasi modifan, sebaiknya kembali menggunakan Aplikasi bawaan (default) pada Apple didesain selama bekerja secara tambah baik memakai dari iPhone. Aplikasi default telah dibuat sebagai umum semacam navigasi, email, dan juga browsing ke internet.

7. Tutup Multitasking
Buka aplikasi Settings General Background App Refresh, dan tutup aplikasi yang tidak terlalu diperlukan. Sisakan satu atau dua aplikasi saja

8. Bersihkan History
Jika anda seing melakukan browsing, pastinya banyak history yang tersimpan, Hapus history browsing di browser Safari bisa dilakukan lewat menu Settings Safari Clear History and Website Data. iOS memiliki aplikasi bawaan safari yang dapat dikatakan amat baik dalam membersihkan data yang tidak ada manfaat dalam system

Cara membersihkan file cache yang tersedia di aplikasi Safari :
  • Buka aplikasi Safari Browser atau browser lainnya yang selalu kamu gunakan browsing di internet
  • Klik ke menu dari setting
  • Bukalah penyusunan Safari
  • Scroll panah ke bawah kemudian pilih Clear History and Web site Data
  • Hapus data cache di Safari
Jika cara-cara diatas sepertinya tidak begitu berpengaruh pada kinerja iPhone anda, mungkin anda bisa melakukan Reset setting iPhone. Namun sebelum melakukannya, pastikan untuk mengingat Apple ID dan password yang Anda gunakan sehingga nantinya anda bisa melakukan login kembali


Demikian beberapa langkah Mengatasi iPhone yang Sudah Mulai Lemot yang bisa anda coba agar tidak lemot. Semoga beberapa cara ini bisa membantu iPhone anda kembali ke performa yang lebih baik seperti sebelumnya. Salam.